Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 15 November 2013

SpeedUp TV Euphoria

Mencerdaskan TV
Produk ini akan menjadikan pesawat TV Anda lebih informatif dan menghibur.
Jika selama ini Anda lebih sering mengakses file multimedia via smartphone atau komputer tablet, ada baiknya jika mencoba melakukan semua itu via TV dengan bantuan perangkat Set-Top-Box (STB). Umumnya STB berbasis Android ini menawarkan hampir semua fasilitas yang juga terdapat pada peranti mobile. Tujuannya membawa pengalaman digital ke dalam perangkat TV biasa. TV Anda pun bisa berubah menjadi Smart TV.
Di antara jajaran komputer tablet dan modemnya, MLW Telecom juga menghadirkan dua STB menarik yang salah satunya sempat kami coba. SpeedUp TV Euphoria (model SUTV3) yang kami coba ini menjadi varian paling komplet di antara STB SpeedUp lainnya. STB ini hadir dalam bentuk boks kecil sepanjang 19 cm yang kemudian dihubungkan ke TV melalui kabel HDMI atau component. Sambungan ke internet bisa menggunakan LAN (kabel), Wi-Fi, maupun modem 3G. SpeedUp pun bekerjasama dengan pihak Speedy (Telkom) dengan menawarkan paket gratis internet 512 Kbps selama tiga bulan untuk setiap pembelian unit ini.
Seperti halnya STB Smart TV, SpeedUp TV Euphoria memiliki sistem dan komponen khas gadget. Prosesornya memakai AMLogic Meson-M1 1 GHz namun masih dalam inti tunggal. Sayang RAM yang diusung masih 512 MB sehingga kinerja perangkat ini akan melambat jika Anda banyak menjalankan aplikasi atau game. Karena spesifikasi hardware yang tanggung inilah, sistem operasinya masih mengandalkan Android 2.3 (Gingerbread) yang lebih ringan. Android versi lebih baru jelas akan membuat perangkat ini berkinerja lamban.
Karena STB didesain bukan untuk perangkat bergerak, diperlukan keberadaan remote control. Kerennya, remote control di STB berbobot 325 gram ini ternyata mengombinasikan keyboard QWERTY dengan kontrol, sehingga bentuknya menjadi seperti huruf T (dengan rangkaian tombol yang amat banyak). Remote control ini memadai untuk mengakses file multimedia atau melakukan chatting. Namun untuk menjalankan beberapa aplikasi/game, menurut kami akan lebih nyaman jika memakai mouse.
Cukup mengasyikkan memanfaatkan STB untuk berinternet, menjalankan aplikasi office, sampai bermain game. Sayangnya kinerja sistem yang rendah membuat game yang lebih kompleks berjalan terlalu lamban. STB seperti ini agaknya memang bukan untuk menangani pekerjaan yang berat. Tersedianya remote control yang dikombinasikan dengan keyboard membuat aktivitas input menjadi lebih mudah dilakukan meskipun perlu pembiasaan menggunakannya.
Beberapa aplikasi atau game memang tidak bisa di-install pada STB ini. Pasalnya, arsitektur STB umumnya dirancang bukan untuk memenuhi aktivitas yang kompleks. Beberapa feature seperti sensor magnetik, kamera, dan yang biasa kita jumpai pada komputer tablet atau smartphone pun tidak akan ditemukan di sini. Walhasil Anda tak akan bisa menjalankan aplikasi khusus seperti kompas, kamera, Bluetooth, dan sejenisnya.
****
Meskipun kinerjanya kurang kencang, SpeedUp TV Euphoria merupakan solusi bagi konsumen yang ingin merasakan sensasi multimedia yang lebih intutif pada TV-nya. Setidaknya perangkat ini merupakan solusi sementara yang lebih terjangkau dibandingkan membeli smart TV yang mahal. Adanya paket internet dari Speedy juga menambah daya tarik STB.


Bisa TV Tabung
Port output AV berada di belakang STB. Koneksi ke TV tabung (CRT) dilakukan via port component atau YpbPR (kabel merah-hijau-biru).




Jalur Modem
Ada dua port USB tersedia untuk sambungan ke storage atau peranti input seperti keyboard dan mouse. Untuk modem 3G, sudah disiapkan port dengan tanda 3G.





Toko Aplikasi
Selain default market dari Google, STB juga menyediakan market khusus SlideME. Market ini dirancang khusus untuk digunakan peranti seperti ini.



Spesifikasi
Prosesor
AMLogic Meson-M1 8726M 1 GHz (Single-core ARM Cortex-A9)
RAM
512 MB
Chip grafis
Mali-400MP
Internal storage 
4 GB NAND Flash
Sistem operasi 
Android 2.3.4 (Gingerbread)
Dukungan sambungan nirkabel
Wi-Fi (802.11 b/g/n)
Koneksi lain
USB 2.0 (2), HDMI , LAN, RCA, component, slot SD card, Wi-Fi (b/g/n)
Resolusi
1200x690 pixel @160dpi
Bobot
325 gram
Situs web
Garansi
1 tahun
Harga (kisaran)*
Rp800.000
* MLW Telecom, (021) 661-8222; Minggu keempat Juli 2013

Plus     : Koneksi ke internet fleksibel; bisa ke TV CRT; ada fungsi multimedia; harga terjangkau; bonus paket Speedy.
Minus : Kinerja lamban.

Skor Penilaian
-
Kinerja             : 3,5
- Fasilitas           : 4
- Kemudahan     : 4,5
- Harga               : 4,5
- Skor total         : 4,05

0 komentar:

Posting Komentar