Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 November 2013

Samsung NX300

Autofocus Responsif
Samsung berhasil meningkatkan kecepatan fokus dan kualitas gambar pada NX300 ini.

Samsung NX300 ini hadir dengan desain yang mirip beberapa seri pendahulunya seperti NX200 dan NX210. Tampil dengan desain klasik yang juga banyak digunakan oleh beberapa seri kamera lain, kamera Samsung NX300 ini memiliki ukuran yang tergolong ringkas, tapi masih terbilang nyaman digenggam. Bagian grip yang agak membesar di bagian depannya membuat kamera ini nyaman dipegang dengan satu tangan. Apalagi perangkat ini dilengkapi dengan grip berbahan karet yang membalut sebagian besar badannya. Seluruh badan Samsung NX300 ini diselimuti aluminium yang mantap dan tidak terasa ringkih.
Samsung NX300 menyediakan beberapa tombol di bagian atas dan belakang, termasuk tombol pintas Wi-Fi direct link untuk berbagi foto dan video ke komputer, smartphone, dan komputer tablet. Selain itu, layar 3,3 inci yang dimilikinya ini juga merupakan layar sentuh kapasitif yang juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan penjelajahan menu ataupun memilih titik fokus pada layar. Jadi, Anda bisa menentukan titik fokus sekaligus memotret dengan menyentuhkan jari Anda pada layar. Layar ini juga bisa ditekuk ke atas dan ke bawah untuk memudahkan Anda mengambil gambar dengan sudut yang agak sulit.
Samsung NX300 dibekali dengan sensor CMOS berukuran APSC yang memiliki crop factor 1,5. Sensor ini mampu menghasilkan resolusi maksimal hingga 20 MP. Samsung juga telah menyematkan sensor fokus otomatis (autofocus) baru pada kamera ini sehingga mampu menghasilkan kinerja fokus otomatis yang lebih cepat dan responsif dibandingkan seri sebelumnya. Shutter speed tercepat produk sebesar 1/6000 detik dengan kemampuan continous shooting hingga delapan frame per detik. Kemampuan ini akan mencegah Anda kehilangan momen saat menghadapi situasi yang begitu cepat. Saat membutuhkan sensitivitas tinggi untuk memotret dalam situasi bercahaya minim, Samsung NX300 menyediakan dukungan ISO mulai dari 100 hingga 25600.
Kinerja sensor baru dengan resolusi 20 MP pada Samsung NX300 ini tergolong baik. Saat kami coba, Samsung NX300 ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik pada rentang ISO 100 hingga 1600. Pada rentang ISO yang lebih tinggi seperti 3200 dan 6400, kualitas gambarnya masih cukup lumayan walaupun Anda mungkin sudah harus menerapkan noise reduction yang lebih banyak untuk mengurangi noise pada gambar. Kinerja fokus otomatisnya juga tergolong responsif dan akurat, termasuk saat digunakan pada  continous shooting. Anda juga bisa menggunakan berbagai efek warna seperti retro, calm, dan beberapa efek lainnya saat memotret, atau bisa juga menambahkannya nanti setelah mengambil gambar.
****
Samsung NX300 ini berhasil memberikan sejumlah peningkatan baru dibandingkan seri sebelumnya. Gambar yang dihasilkan juga tergolong baik, termasuk pada ISO tinggi. Hal yang paling terlihat adalah, kinerja fokus otomatisnya serta kemampuan continous shooting yang sudah jauh meningkat dibandingkan seri-seri sebelumnya.





Bisa Dilipat
Untuk memudahkan pengambilan gambar, layar Samsung NX300 ini bisa dilipat.





Flash Eksternal
Sebagai kompensasi atas ketiadaan flash internal, Samsung memberikan sebuah flash eksternal berukuran kecil dalam paketnya yang bisa dipasangkan pada hotshoe.





Layar Sentuh
Samsung NX300 memiliki layar sentuh untuk memotret dan menjelajahi menu.


Spesifikasi
Sensor
APSC CMOS
Resolusi Maksimal
20 MP (5472 x 3648 piksel)
ISO
100-25600
Kecepatan shutter
1/6000 - 30 detik
Continous shooting
Hingga delapan frame per detik
Video
AVC-HD, MP4, maksimal 1920 x 1080 piksel
Memori
micro SD
Ukuran
122 x 64 x 41 mm
Bobot
280 gram
Harga
US$699
Kontak  
Samsung Indonesia, 0800-112-8888

Plus     : Kinerja baik, konfigurasi mudah, feature lengkap, konsumsi daya rendah.
Minus : Konfigurasi harus menggunakan aplikasi tambahan

Skor Penilaian
- Penggunaan    : 4,25
- Kinerja             : 4,25
- Fasilitas           : 4
- Harga               : 3,75
- Skor total         : 4,1

0 komentar:

Posting Komentar