Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 November 2013

QNAP TS-221

Lengkap dengan Feature Menarik
QNAP TS-221 ini dilengkapi dengan sejumlah feature menarik untuk para pengguna

QNAP TS-221 ini adalah sebuah network attached storage (NAS) yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rumahan hingga bisnis skala kecil. NAS ini hadir dengan kapasitas tampung dua buah hard disk. Tiap ruang hard disk-nya dapat menampung hard disk atau SSD berukuran 2,5 atau 3,5 inci dengan kapasitas maksimal 4 TB sehingga Anda bisa mendapatkan kapasitas total hingga 8 TB (tergantung konfigurasi). NAS QNAP TS-221 ini hadir dengan bentuk yang ringkas sehingga tidak terlalu memakan banyak tempat. Bagian depannya tidak memiliki layar indikator apapun. Sebagai gantinya hanya terdapat deretan lampu indikator aktivitas hard disk, tombol power dan copy, serta sebuah port USB 2.0 sebagai media penyimpanan eksternal. Di bagian belakangnya juga masih ada lagi dua buah port USB 3.0 serta dua buah port eSATA. Port LAN yang tersedia telah mendukung gigabit.
NAS QNAP TS-221 ini dibekali dengan prosesor berkecepatan 2 GHz dengan RAM DDR3 berkapasitas 1 GB. Spesifikasi tersebut sudah tergolong memadai untuk memenuhi kebutuhan media penyimpanan skala kecil seperti NAS ini. Port USB yang tersedia, selain bisa digunakan oleh media simpan eksternal seperti hard disk dan flash disk juga bisa dipasangi printer dan dibagi pakai dalam jaringan.
QNAP TS-221 memiliki sebuah panel kontrol web yang memiliki tampilan yang sangat menarik. Berbeda dengan panel kontrol biasanya yang tergolong kaku, antarmuka yang disebut QTS ini memiliki tampilan mirip seperti sebuah sistem operasi. Terdapat deretan shortcut yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai pengaturan pada NAS ini. Setiap pengaturan yang dibuka pun akan tampil dengan window yang bisa Anda geser, perbesar, dan tutup layaknya Anda sedang menggunakan sistem operasi biasa. QNAP TS-221 ini memiliki berbagai feature menarik seperti media center, download center, surveillance station, dan masih banyak lagi. QNAP juga menyediakan sejumlah aplikasi mobile bagi sistem operasi Android dan iOS untuk mengakses beberapa feature NAS ini via smartphone.
Dengan kapasitas dua buah hard disk, NAS ini mendukung beberapa konfigurasi, seperti single disk, JBOD, dan RAID 1. Anehnya RAID 0 tidak didukung oleh NAS ini. Dengan menggunakan file system EXT4, proses format hard disk pun dapat selesai dengan cepat. Namun, proses konfigurasi RAID terasa lama. Saat kami mencoba membuat sebuah konfigurasi RAID 1 dengan dua buah hard disk berkapasitas masing-masing 3 TB, proses konfigurasi RAID 1 baru selesai setelah berlangsung selama sekitar sepuluh jam. Untuk mengetahui kinerjanya, Anda bisa melihatnya pada tabel.
****
Untuk keperluan NAS rumahan dan bisnis skala kecil, QNAP TS-221 ini bisa diandalkan. Kinerjanya sudah sangat memadai untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Berbagai feature yang ada pada perangkat ini sangat menarik untuk memenuhi kebutuhan hiburan di rumah.

Hasil Pengujian
Intel NASPT
HD Video Playback
56,133 MB/s
2 x HD Video Playback
56,367 MB/s
4 x HD Video Playback
48,867 MB/s
HD Video Record
51,967 MB/s
HD Playback & Record
48,733 MB/s
Content Creation
14,267 MB/s
Office Productivity
6,800 MB/s
File Copy to NAS
47,167 MB/s
File Copy from NAS
46,567 MB/s
Directory Copy to NAS
19,567 MB/s
Directory Copy from NAS
20,200 MB/s
Photo Album
7,333 MB/s




Dua
Hard disk
QNAP TS-221 mampu menampung sampai dua buah hard disk dengan dukungan kapasitas total sampai delapan TB






Menarik
Antarmuka QTS pada NAS ini memiliki tampilan yang menarik layaknya menggunakan sebuah sistem operasi.





USB 3.0 dan eSATA
Dua buah port USB 3.0 dan dua buah port eSATA diletakkan di bagian belakang bersama sebuah port LAN gigabit.


Spesifikasi
Antarmuka Hard disk
SATA
Jumlah Hard disk
2
Ukuran Hard disk
3,5 inci & 2,5 inci
Port
2 x USB 3.0; 1 x USB 2.0; 1 x LAN 1 Gbps
Mode  storage
Single disk, RAID 1
Bobot
1,74 kg (tanpa adaptor & hard disk)
Garansi
3 Tahun
Situs web
Harga (kisaran)*
US$515
*Astrindo Senayasa, (021) 612 1330

Kinerja cukup baik, USB 3.0, antarmuka menarik, mudah digunakan, feature lengkap
Harga tinggi, konfigurasi RAID lama, tanpa hard disk dalam paket, tidak mendukung RAID 0

Skor Penilaian
- Penggunaan   : 4
- Kinerja            : 3,75
- Fasilitas          : 4,5
- Harga              : 4
- Skor total        : 4,06

0 komentar:

Posting Komentar