Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 November 2013

Ringkas dan Hemat

Menyasar segmen entry level, Giada i35G ditujukan untuk aktivitas komputasi ringan hingga multimedia definisi tinggi.
Nama Giada mungkin agak asing di Indonesia. Perusahaan ini sebelumnya berkiprah di ranah cloud computing. Kini mereka mulai merambah dunia PC. Salah satunya via Giada i35G ini.
Giada i35G menggunakan prosesor Intel Atom D2550 Cedar Trail 1,8 GHz dual-core yang ditujukan bagi aktivitas komputasi ringan. Salah satu pertimbangan mereka merilis produk ini adalah karena perangkat semacam ini menggunakan daya lebih sedikit dibandingkan komputer desktop. Sedikitnya konsumsi ini berimbas pada suhu yang lebih rendah sehingga tidak memerlukan pendingin yang besar dan berisik. Giada menyatakan bahwa produk ini ditujukan untuk aneka keperluan seperti digital signage pada iklan, promosi merek dagang, papan menu digital, atau bagi konsumen yang menginginkan produk berukuran kecil untuk menjalankan permainan komputer ringan.
Namun melihat spesifikasi pendukungnya, Giada i35G juga cocok digunakan sebagai HTPC berkat adanya port HDMI serta dukungan chip grafis yang memadai. Prosesor yang digunakan sebenarnya telah memiliki chip grafis terintegrasi dengan clock 640 MHz (serta mendukung DirectX 10). Namun, berhubung chip ini kurang tangguh untuk menjalankan content multimedia definisi tinggi, disematkan chip grafis Nvidia GF GT610. Chip grafis ini mendukung mode DirectX11 dan content multimedia definisi tinggi 1080p. Menariknya lagi, pada paket tersdia sebuah remote control untuk menjalankan file musik atau film. Juga tersedia port D-Sub untuk keperluan komputasi non-multimedia.
Priduk ini secara default memiliki RAM sebesar 2 GB. Namun slotnya sendiri mendukung kapasitas sampai 4 GB. Dan karena hanya menyediakan satu slot saja, Anda mesti menukar keping RAM 2 GB ke 4 GB jika ingin melakukan upgrade. Sementara komponen lain yang bisa diupgrade yaitu hard disk internal 2,5 inci. Layaknya PC mini, bentuk fisik produk ini dibuat ringkas dan portabel. Dengan ketebalan 2,6 cm atau sekitar 1 inci, Anda bisa menempatkan perangkat ini di area belakang monitor LCD menggunakan mount kit (opsional) VESA sehingga nantinya menyerupai PC all-in-one.
Sebagai PC workstation, tersedia koneksi kabel maupun nirkabel untuk mengakses jaringan lokal maupun internet. Koneksi nirkabelnya mendukung standar 802.11b/g/n dengan daya jangkau sampai beberapa ratus meter (dalam kondisi tanpa penghalang atau hambatan).  
Dari sisi kinerjanya, Giada i35G tidak terlalu istimewa, sesuai dengan spesifikasinya. Bersenjatakan prosesor Intel Atom Cedar Trail yang disanding dengan memori 2 GB, Giada i35G hanya cocok digunakan untuk menjalankan komputasi ringan. Tidak heran kinerja yang didapat pada uji kali ini menunjukkan skor yang biasa. Chip grafis Nvidia GF 610 juga tidak berpengaruh banyak terhadap kinerja keseluruhan, kecuali saat menjalankan content multimedia definisi tinggi.
****
Giada i35G merupakan solusi ideal bagi pengguna yang membutuhkan PC sederhana dengan bentuk fisik ringkas. Perangkat ini fleksibel ditempatkan di mana saja di ruangan Anda. Dengan konsumsi daya rendah, perangkat ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan perkantoran, sekolah, lembaga edukasi, maupun untuk keluarga.

Hasil Uji
Pengujian
Skor
PCMark7 Professional Edition V1.0.4
970
3DMark11 Professional Edition V 1.0.3.0
565
Cinebench 11.5
0,64 pts
STALKER Call of Pripyat Bencmark V1.6.00 (avg)
4,65 fps
Sisoft Sandra Lite 2012 SP4a (Dhrystone ALU)
9,5
Expression Encoder 4 SP2 (encoding video)
5149 detik
Lame Front-End 1.7 (encoding audio)
507 detik





Aksesori tambahan
Aksesori yang tersedia untuk Giada i35G yaitu plastic stand untuk menyangga posisi berdiri, remote control, serta mount kit VESA (dijual terpisah).




Koneksi digital
Port HDMI menyediakan sambungan ke perangkat lain untuk menampilkan tayangan definisi tinggi (sampai 1080p). Hal ini didukung oleh grafis Nvidia GF GT610 yang memadai.





Media baca
Sisi samping dikhususkan untuk port koneksi bagi media simpan berkecepatan tinggi berupa USB3.0 dan pembaca kartu SD, MMC, MS, dan MS PRO.





PC mungil
Bentuk fisiknya yang mungil memungkinkannya ditempelkan pada bagian belakang monitor menggunakan mount kit (opsional) VESA.





Sirkulasi udara
Untuk membuang panas akibat ruang yang sempit, pada sisi kiri dan kanan disediakan lubang untuk sirkulasi udara.


Spesifikasi
Prosesor
Intel Atom D2550 1,8 GHz dual-core (Cedar Trail)
RAM
2 GB DDR3-1333
Chipset
Intel NM10 Express
Kartu grafis
Nvidia GF GT610
Kartu suara
Realtek ALC662
Hard disk
320 GB 2,5”HDD
Optical drive
Tidak ada
Dukungan sambungan nirkabel
Wi-Fi802.11n
Lain – Lain
Panel belakang: HDMI, 4x USB2.0, D-Sub, LAN
Panel samping
USB3.0, 4-in-1 card reader, audio (mic dan speaker)
Sistem operasi
DOS
Dimensi
19,2x15,5x2,6 cm
Bobot
730 gram
Konsumsi daya (maks.)
30 watt
Garansi
1 Tahun
Situs Web
Harga (kisaran)*
US$275
* PT. Alltechindo Nusajaya, (021) 5316-3458; Minggu pertama Agustus 2013

Plus     : Mungil dan portabel; konsumsi daya rendah; hening dan tidak panas; disertai remote control; chip grafis lebih baik.
Minus : Upgrade terbatas; kinerja biasa.

Skor Penilaian
- Kinerja             : 3,7
- Fasilitas           : 3,75
- kemudahan      : 4
- Harga               : 4,5
- Skor total         : 3,95

0 komentar:

Posting Komentar