Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 November 2013

Asus WL-330NUL

Ringkas dengan Empat Fungsi
Makin banyak orang yang ingin tetap terhubung ke internet walaupun sedang beraktivitas. Karena itu, keberadaan jaringan di mana saja diperlukan oleh sebagian besar orang untuk mempermudah proses pertukaran data dan kolaborasi pekerjaannya.

Untuk memenuhi kebutuhan semacam itu, perangkat jaringan portabel seperti Asus WL-330NUL ini bisa dijadikan sebuah pilihan yang menarik. Asus WL-330NUL ini adalah sebuah perangkat wireless router portabel yang berukuran sangat ringkas. Bentuk dan ukurannya menyerupai sebuah USB flash disk. Namun, sebagai wireless router portabel, Asus WL-330NUL ini tidak memiliki baterai sebagai sumber dayanya. Wireless router ini tetap membutuhkan sumber daya eksternal. Oleh karena itu, Asus WL-330NUL ini juga dilengkapi dengan sebuah port USB, sehingga Anda bisa menggunakan charger ponsel atau bahkan power bank untuk memasok dayanya. Kabel USB yang pendek ini juga terintegrasi dengan wireless router sehingga Anda tak perlu takut kehilangan kabelnya karena tercecer.
Asus WL-330NUL ini mendukung koneksi nirkabel dengan standar 802.11b, 802.11g, dan 802.11n. Wireless router ini memiliki sejumlah fungsi (selain fungsi utamanya sebagai wireless router memanfaatkan port LAN yang dimilikinya). Saat wireless router ini tidak dipasangi kabel LAN, modus operasinya otomatis berubah menjadi hotspot sharing yang mendeteksi koneksi nirkabel yang tersedia di sekitarnya. Selain itu, Asus WL-330NUL ini juga bisa digunakan sebagai network adapter, baik via kabel atau nirkabel, memanfaatkan port USB yang ada. Tentu saja, Anda tidak perlu melakukan instalasi driver terlebih dahulu agar perangkat ini dapat dikenali sebagai network adapter. Dengan begitu, Asus WL-330NUL ini juga bisa menjadi port alternatif LAN bagi sejumlah ultrabook yang tidak menyediakan port LAN standar. Sayang, Anda tak bisa mengombinasikan wireless router portabel ini dengan modem USB (untuk memanfaatkan koneksi GSM atau CDMA sebagai koneksi internet). Slot kartu SIM pun tak hadir pada perangkat ini.
Selain driver, Asus WL-330NUL ini juga menyediakan sebuah aplikasi utiliti untuk membantu penggunanya terhubung ke jaringan dan internet. Namun kalau Anda tidak ingin melakukan instalasi apapun, Anda juga tetap dapat melakukan konfigurasi melalui panel kontrol web yang ada. Untuk mengaksesnya, Anda perlu memperhatikan password standar SSID yang tertera pada badan wireless router ini. Pada panel kontrolnya pun, tak banyak konfigurasi yang bisa dilakukan. Anda bisa mengatur konfigurasi jaringan dan memilih jaringan yang akan digunakan kalau Anda menggunakanya sebagai wireless hotspot sharing. Minimnya konfigurasi yang ada pada Asus WL-330NUL ini bisa dimaklumi mengingat posisinya sebagai perangkat portabel yang tak terlalu membutuhkan banyak konfigurasi.
Wireless router ini mampu memberikan kinerja yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan di jaringan kecil. Daya pancar sinyalnya juga cukup besar.
****
Walaupun kecil, Asus WL-330NUL ini tetap dapat menghasilkan kinerja yang baik. Beberapa fungsi yang tersedia membuatnya cukup fleksibel menangani beberapa kebutuhan.



Alternatif

Jika ultrabook tidak dilengkapi dengan port LAN, Asus WL-330NUL ini bisa dipakai sebagai sambungan LAN alternatif via port USB.





Cukup Baik

Kinerja Asus WL-330NUL ini cukup baik untuk jaringan kecil yang memiliki tidak terlalu banyak pengguna.




Rapi

Asus WL-330NUL ini memiliki kabel USB terintegrasi yang bisa diselipkan dengan rapi.

Spesifikasi
Standar
802.11b, 802.11g, 802.11n
Konektor
LAN 10/100 Mbps
Kecepatan transfer data
Maksimal 300 Mbps
Feature
DHCP; MAC cloning; Guest Network; Guest Management
Kelengkapan
Adaptor daya; CD; Buku panduan
Garansi
3 tahun
Situs web
Harga (kisaran)*
US$40
*Asus Indonesia  (021) 612 2825

Plus     : Ringkas, multifungsi.
Minus : Tanpa port USB, tanpa baterai, tidak bisa menggunakan modem USB, tanpa slot kartu SIM.

Skor Penilaian
- Penggunaan     : 4,25
- Kinerja              : 3,5
- Fasilitas            : 3,75
- Harga               : 4,25
- Skor total          : 3,94

0 komentar:

Posting Komentar