Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 November 2013

Samsung Galaxy Camera GC100

Berfeature Smartphone
Sistem operasi Android menjadikan peranti ini menjadi serba bisa.

Sukses di jajaran Galaxy pada segmen smartphone dan komputer tablet membuat Samsung tergelitik memunculkan Galaxy dalam perangkat yang berbeda. Alih-alih membuat Android Box yang kini populer, pabrikan asal Korea Selatan ini menghadirkan Galaxy di segmen kamera. Aneh juga tampaknya. Namun rupanya, Samsung melihat gadget portabel inilah yang terbilang sering dibawa orang selain ponsel dan komputer tablet. Jadi seperti apakah rupanya?
Galaxy Camera (tipe EK-GC100) sebenarnya mengusung spesifikasi khas kamera point-and-shoot yang cukup lumayan dengan resolusi maksimal 16 MP, zoom optis 21x, lensa sudut lebar 23 mm, plus fungsi yang cukup banyak. Layar Super Clear LCD 4,8” (Gorilla Glass 2) resolusi 1280x720 pixel (306 ppi) juga memberikan tampilan yang tajam. Layar semulus ini dimaksudkan Samsung untuk membantu pengguna memfungsikan kamera sekaligus mengaplikasikannya sebagai gadget pintar.
Rupanya di dalam kamera ini juga terpancang komponen smartphone yakni prosesor empat inti Samsung Exynos 4412 1,4 GHz (Cortex-A9), RAM 1 GB, chip grafis Mali-400MP, dan penyimpan internal 8 GB (tersisa 4 GB untuk dipakai). Selain konektivitas Bluetooth 4.0, GPS GLONASS, dan Wi-Fi, koneksi via jaringan 3G juga tersedia namun hanya untuk mengakses data (minus telepon). Semua ini dijalankan dengan sistem Android 4.1 (Jelly Bean). Dengan begini, kamera bisa berfungsi ganda sebagai komputer tablet Android. Jadi pengguna bisa menjelajahi internet, mengakses situs social media (Facebook, Twitter, WhatsApp, dan lainnya), hingga memainkan game yang diunduh dari Play Store.
Adanya sistem Android menyebabkan fungsi kamera menjadi lebih kreatif mengingat tersedia banyak aplikasi untuk melakukan editing foto dan video. Secara default sudah tersedia program Photo/Video Wizard yang cukup asyik digunakan. Tentunya Anda bisa memakai aplikasi semacam Instagram atau software lain yang tersedia di Market. Kamera ini juga memiliki mode foto fleksibel dengan pilihan Auto, Smart, dan Expert. Mode Auto jelas untuk pengguna yang mengutamakan segi kepraktisan sedangkan mode Smart dipakai untuk memotret berdasarkan situasi terpilih (15 skema). Sementara mode Expert cocok untuk yang ingin memotret secara manual dengan mengubah setting P-A-S-M.
Kualitas foto yang dihasilkan sensor CMOS BSI produk ini tergolong bagus. Zoom optis yang tinggi dengan bantuan stabilizer optis (OIS) ini menjadi satu andalan yang menarik. Begitu juga dengan feature pengaturan kamera secara manual maupun terprogram (scene). Sayangnya, kamera ini masih menampilkan kesan berbayang (blur) pada mode macro, dengan warna yang cenderung pudar (warm).
Di luar fungsinya sebagai kamera, kami kagum dengan perangkat ini yang mampu berfungsi layaknya komputer tablet. Hampir semua aplikasi Android bisa dipakai termasuk aplikasi untuk melakukan bagi-pakai foto/video dengan mudah ke jejaring sosial atau storage berbasis cloud. Kerennya, selain via koneksi DLNA, wireless dan Wi-Fi Direct, kamera juga bisa terhubung lewat operator GSM (data 3G). Fasilitas ini cukup “janggal” untuk sebuah kamera bukan?
****
Inovasi Samsung menghadirkan Galaxy Camera yang multi fungsi ini jelas unik sekaligus menarik. Jika membutuhkan kamera praktis namun ingin mendapatkan kemampuan ala Android, Anda dijamin terpikat dengan segala fasilitas produk ini. Sayangnya, harga produk ini belum bisa dibilang murah.




Bisa Chatting
Siapa sangka kamera ini bisa dipakai ngobrol via aplikasi chatting seperti Yahoo Messenger, WhatsApp, dan lainnya.





Contoh Efek
Salah satu contoh aplikasi editing foto yang menyediakan banyak efek agar foto tampil lebih kreatif.



Mode Expert 
Untuk pengguna yang lebih ahli, disediakan konfigurasi manual PASM dengan pengaturan langsung di layar. Ini meminimalkan keberadaan tombol fisik di bodi kamera.





Slot SIM
Bukalah cover baterai dan Anda akan menemukan slot kartu micro-SIM (sederet dengan port micro-HDMI, dan micro-SD) untuk melakukan koneksi data via 3G.





Widget Skema
Pilihan skema bidik bisa ditentukan pada homescreen. Di layar ini, Anda juga bisa menjelajahi aplikasi Android layaknya smartphone atau komputer tablet.

 Spesifikasi
Resolusi Pixel
16,3 megapixel
Resolusi Foto (min/max)
1024x768/4608x3456 pixel
Resolusi Video (min/max)
320x240/1920x1080 @ 30 fps
Media Perekam
SD/SDHC/SDXC
Ukuran lensa
ekivalen-35mm 23-483 mm
Zoom
21x optical
Kecepatan shutter
16 - 1/2000 (detik)
Fokus terdekat terbaik
10 cm (makro)
Diagonal LCD
4,8 inci @ 306ppi
Koneksi komputer
Micro USB, micro HDMI
Tipe baterai/isi ulang
Lithium-Ion 1650 mAh/ Ya
Dimensi (plt)
12,9x7,1x1,9 cm
Bobot (gram)
300 (dengan baterai)
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga (kisaran)*
Rp5.500.000
* Paziashop, (021) 6231-1511; Minggu pertama April 2013


Plus     : Long zoom dan wide lens; koneksi Wi-Fi dan 3G; layar tajam; feature banyak; kualitas lumayan.
Minus : Proses startup agak lama; macro kurang detail; harga mahal.

Skor Penilaian
- Kinerja              : 4
- Fasilitas            : 4,5
- Penggunaan     : 4,25
- Harga               : 2
- Skor total         : 3,8

0 komentar:

Posting Komentar