Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 15 November 2013

Casio Exilim EX-TR15

Bagi Pribadi Narsis
Produk ini dilengkapi dengan desain lipat-putar untuk memudahkan pengambilan foto diri secara lebih nyaman.
Rupanya kebiasaan pemilik kamera memotret dirinya sendiri mendapat perhatian khusus dari produsen Casio. Demi merangkul perilaku konsumen inilah, Casio di semester kedua ini mencoba menghadirkan generasi Exilim yang berbeda dari produk-produk sebelumnya. Konsep produk ini diambil dari model kamera digital perdananya yang muncul di tahun 1995, Casio QV-10. Produk kamera pertama Casio ini memiliki bagian lensa yang bisa diputar untuk mempermudah pengambilan gambar pada sudut sulit. Hasilnya, muncul Exilim EXTR10/15 yang memiliki desain radikal.

Sengaja memunculkan dua model sekaligus, TR10 dan TR15, keduanya memiliki kemiripan. Yang membedakan keduanya hanyalah keberadaan fasilitas jaringan nirkabel wireless di seri TR15. Fungsi Wi-Fi di sini tentu saja untuk memuluskan transfer foto/video secara nirkabel ke smartphone atau komputer tablet pengguna untuk berbagi pakai file multimedia. Inilah salah satu feature unggulan Casio untuk mengakomodir maraknya akses ke media sosial.
Desain TR10/TR15 agak aneh karena menganut mekanisme buka-tutup layknya ponsel clamshell. Struktur  ini dibuat demikian sepertinya agar pengguna bisa merotasi layar hingga 270o dan mengatur lekukan arah lensa agar mudah mengambil obyek foto (termasuk diri sendiri). Luwesnya pengaturan arah lensa ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan bidikan tanpa diketahui si subyek foto (candid shot).
Para wanita pasti mudah terpikat TR15 yang muncul dalam pilihan warna hitam, putih, dan pink. Selain itu kamera ini juga didukung feature seperti Skin Brightening, dan Make-up Mode untuk membuat kulit lebih cerah dan menarik. Efek ini umumnya disukai pengguna wanita yang gemar memotret dirinya? Anda juga bisa menambahkan coretan, frame, atau ikon centil pada foto.
Penggunaan kamera point-and-shot ini terbilang mudah dengan sistem kontrol sentuh di layar 3” layaknya smartphone. Lensa sudut lebarnya (21 mm) mempermudah pengambilan gambar dalam sudut lebar. Namun kualitas kamera 12,1 MP ini masih terbilang biasa. Alan tetapi, aneka feature yang telah disebutkan sebelumnya bisa membuat kamera ini layak dilirik.
****
Tampak jelas produk ini diposisikan Casio sebagai kamera ringkas bagi wanita. Desain dan featurenya memang pas bagi wanita khususnya yang gemar memotret dirinya untuk kepentingan media sosial.




Foto Kreatif
Desain kamera memudahkan pengguna memotret diri sendiri. Foto pun bisa ditambahi aneka efek kreatif agar lebih menarik.



Transfer Foto/Video 

Fasilitas Wi-Fi di TR15 menjadikan transfer foto/video ke gadget menjadi praktis. Pengguna Android dan Apple perlu men-download aplikasi “Exilim Remote” untuk hal ini.


Tombol Shutter 
Posisi tombol pelepas rana di bagian frame ini memudahkan pengguna memotret. Pemotretan juga bisa dilakukan dengan menyentuh layar atau menekan tombol dekat power.

Spesifikasi
Resolusi pixel
12,1 megapixel
Resolusi foto
640x480 / 4000x3000 pixel (min/max)
Resolusi Video
512x384 / 1920x1080 @ 20/30 fps  (min/max)
Memori
internal 52 MB + microSD
Ukuran lensa ekivalen-35 mm
21 mm
Zoom
4x digital
Diagonal LCD
3 inci
Koneksi ke komputer
USB proprietary
Tipe baterai/isi ulang
Lithium-ion 700 mAH/ Ya
Dimensi (plt)
12,9x6,2x1,5 cm
Bobot (gram)
168 (dengan baterai dan kartu memori)
Garansi
1 tahun
Situs web
Harga (kisaran)*
Rp8.599.000 (TR15) Rp 6.999.000 (TR10)
* Kasindo Graha Kencana, (021) 515-4780; Minggu keempat Juli 2013

Plus     : Desain menarik; ada feature modifikasi foto; penggunaan mudah; lensa sudut lebar; transfer via Wi-Fi.
Minus : Kualitas gambar kurang; pengaturan manual minim; harga tinggi.

Skor Penilaian
- Penggunaan     : 4,5
- Kinerja              : 3,75
- Fasilitas            : 4
- Harga                : 1,5
- Skor total          : 3,53

0 komentar:

Posting Komentar