Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 November 2013

Drobo 5N

Feature Menarik
Mampu menampung hingga 20 TB, Drobo 5N ini cocok untuk penggunaan hingga skala menengah.

Network attached storage (NAS) Drobo 5N adalah sebuah produk keluaran Drobo yang ditujukan untuk penggunaan personal atau bisnis skala menengah. Drobo 5N ini tampil dengan ukuran yang cukup besar. Tampilannya juga tergolong elegan dengan balutan warna hitam di seluruh bagiannya. Ini masih ditambah lagi dengan deretan lampu-lampu di bagian depannya yang membuatnya tampak menarik. NAS ini memiliki ruang yang mampu menampung hingga lima buah hard disk 3,5 inci. Untuk mengakses ruang hard disk-nya, Anda hanya perlu membuka bagian depan Drobo 5N ini (yang tidak dilengkapi kunci, hanya menempel via magnet di sekelilingnya). Untuk memasang hard disk-nya, Anda tinggal memasukkannya ke ruang yang telah disediakan dan menekan kunci di sisi kiri untuk melepasnya kembali.
Terdapat deretan lampu-lampu di dekat ruang hard disk dan di ba­gian bawah. Lampu-lampu di depan hard disk berfungsi untuk mengin­formasikan status dan aktivitas hard disk, sedangkan lampu-lampu di bagian bawah menandai kapasitas ruang hard disk yang tersisa.
Bagian belakang Drobo 5N ini terbilang sederhana. Selain terdapat tombol power untuk menghidupkan dan mematikan NAS, hanya ada port daya serta port LAN yang diletakkan di bawah. Tak ada satu pun port USB yang tersedia sehingga Anda tak bisa memasangkan perangkat simpan eksternal sebagai backup pada NAS ini.
Untuk melakukan pengaturan, Drobo 5N ini menggunakan sebuah aplikasi bernama Drobo Dashboard yang bisa didapatkan pada situs Drobo. Tak ada panel kontrol web yang tersedia sebagai opsi alternatif untuk melakukan konfigurasi. Melalui aplikasi yang tersedia untuk Windows dan Mac OS ini, Anda bisa mengecek status kesehatan hard disk yang terpasang, informasi konfigurasi RAID yang aktif, serta status jaringan. NAS ini mampu menampung hard disk sebanyak lima buah dengan dukungan kapasitas total sehingga 20 TB. Drobo 5N ini mendukung beberapa konfigurasi RAID. Namun, seluruh konfigurasi RAID dilakukan secara otomatis, sesuai dengan jumlah hard disk dan kapasitas yang terpasang. Anda hanya bisa mengaktifkan feature single drive redudancy dan dual drive redudancy untuk mengamankan data Anda. Dengan mengaktifkan feature tersebut, konfigurasi RAID pun bisa berubah dan dapat memengaruhi jumlah kapasitas hard disk yang tersedia untuk dimuati data.
Untuk mengurangi risiko kehilangan dan rusaknya data saat terjadi pemutusan listrik, NAS Drobo 5N ini juga memiliki baterai yang berfungsi seba-gai sumber daya cadangan. Drobo mengklaim, baterai yang ada pada Drobo 5N ini mampu memasok daya NAS hingga data selesai ditulis secara utuh.
Dari sisi kinerja, Drobo 5N ini tergolong baik. Kinerjanya sangat memadai untuk memenuhi kebutuhan skala kecil hingga menengah. Aplikasi Drobo Dashboard (yang merupakan satu-satunya cara untuk melakukan konfigurasi Drobo 5N ini) juga memiliki feature yang cukup lengkap. Saat kami uji, kinerjanya juga cukup cepat, walaupun beberapa kali kami gagal untuk menambahkan sharing folder melalui Drobo Dashboard. Sharing folder yang kami gunakan tiba-tiba sempat terputus dari jaringan. Tapi secara keseluruhan, kinerjanya masih tergolong baik.
****
Untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan skala kecil hingga menengah, Drobo 5N ini layak dipilih. Daya tampungnya besar dengan feature yang bisa diandalkan untuk menunjang keamanan data Anda.





Drobo Dashboard
Untuk melakukan pengaturan pada NAS ini, Anda memerlukan aplikasi Drobo Dashboard.







Lima Buah

Drobo 5N ini mampu menampung hingga lima buah hard disk dengan kapasitas total hingga 20 TB.






Sederhana

Bagian belakang Drobo 5N ini tampil sederhana tanpa banyak port, hanya LAN dan tombol daya.



 Spesifikasi
Antarmuka hard disk
SATA
Jumlah hard disk
5
Ukuran hard disk
3,5 inci
Port
1 x LAN 1 Gbps
Mode storage
Otomatis (tergantung konfigurasi hard disk)
Bobot
3,86 kg (tanpa adaptor & hard disk)
Situs Web
Harga (kisaran)*
US$599
*MTI Global, (021) 6230-2928

Plus     : Desain ringkas, LAN gigabit, USB 3.0, antarmuka menarik, kinerja cepat, feature lengkap, bisa diekspansi.
Minus : Harga tinggi.

Skor Penilaian
-
Penggunaan    : 3,75 
- Kinerja             : 3,75 
- Fasilitas           : 4 
- Harga               : 3,75 
- Skor total         : 3,81

0 komentar:

Posting Komentar